Langsung ke konten utama

Nice home work #3 Membangun peradaban dari rumah

assalammualaikum 

masih lanjut NHW#3 di postingan ini, jadi NHW ke 3 ini dibagi ke 4 sudut pandang, yaitu untuk yang pranikah, sudah menikah, dan single parents, tentunya gw milih kondisi yang menikah donk yaa , jadi apaa si point point di NHW#3 ini yuk kita cek bareng bareng :

1. Yang pertama adalah kita sebegai istri diminta untuk jatuh cinta lagi sama suami , inget inget hal apa yang bikin kita dulu klepek klepek sama suami, dan tunjukkan alasan kuat kenapa dia adalah laki laki yang pantas untuk menjadi ayah dari anak anak kita.

  •  nah surat cinta buat suami udah gw share di postingan sebelumnya yaa di NHW part 1, dan alhamdulillah surat cintanya langsung dibales singkat padat jelas karna kangmas bojo gw bukan seorang pujangga macam dilan atau rangga di AADC. tapi alhamdulillah balesan surat cintanya bikin gw senyum senyum sendiri berasa awal awal pdkt dulu ..preett 

2. Yang kedua ini adalah sebagai ibu, gw harus menggali potensi apa yang dimiliki oleh anak anak gw, oke mungkin cerita tentang shavata dan zena akan sedikit panjang so boleh deeeh mau ambil cemilan keripik singkong atau nasi padang dulu juga boleh (nasi padang buat cemilan tu gimanaa ceritanyaa??)
shavata, putri pertama kami. nama lengkapnya NUR ARDHANI SHAVATA HIGAR, nama ini kita cari dari gabungan anatara bahasa arab dan sansekerta, kalau di artikan ke dalam bahasa indonesia satu per satu rangkaian namanya punya arti "cahaya suci yang abadihigar sendiri adalah nama belakang dari bapaknya . shavata adalah tipe anak yang periang dan cenderung punya tingkat percaya diri yang tinggi, hanya biasanya di beberapa kondisi yang mengharuskan kenalan dengan teman dan lingkungan baru dia cenderung malu malu. sekarang shavata sudah berusia 5 tahun 6 bulan. putri kedua kami namanya adalah "NUR LATIFAH ALZENA HIGAR"  arti dari nama putri kedua kami adalah "wanita kuat yang bercahaya". sekarang usia zena 3 tahun 9 bulan. 
well 2 tahun terakhir ini saya mulai belajar mengenai  metode montessori, awalnya itu sekitar 2 tahun lalu saya kok ngerasa saya ngak bisa jadi ibu yang baik buat anak anak, sering banget saya ngadepin tingkah merka dengan emosi, dan saya sadar betul kalo emosi saya ini ngak beralasan malah berlebihan. nah dititik itu saya sadar kalo selama saya menjadi ibu saya ngak punya bekal yang cukup untuk mendidik mereka, jangankan mau ngedidik mereka, sekarang kalo mereka main yang bikin rumah berantakan aja emosi saya rasanya meledak ledak  kaya marah sama orang dewasa, malah mungkin sama orang dewasa saya ngak berani untuk marah kaya gitu. nah terus saya beraniin curhat sama temen waktu masih ngantor di telkomsigma. nah cerita lah saya ke si tata, 
" ta kenapa ya gw kok sama anak anak gampang banget emosi , dikit dikit marah marah, malah pernah sampe mukul gayung ke bak mandi sampe pecah karna gw takut mukul shava gw lariin ke gayung"
si tata ngasih advice
" coba sa lo liat instagramnya julia sarah rangkuti dia ada aktifitas anak anaknya"
akhirnya dari situ lah saya suka stalking aktifitas anak anak dan akhirnya ketemu sama ibu ibu keren yang bisa nyiapin aktifitas anak anak super kreatif dan di postingannya mereka itu adalah tanda pagar (hashtag) montessori at home. penasaraan donk apaan sih ni montessori at home, waah ternyata super keren. aktifitas belajar anak anak dikemas sedemikian rupa yang ternyata bikin anak ngak sadar kalau aktifitas belajar mereka itu dibuat sambil main. prinsip montessori ini pertama ditemukan oleh ibu maria montessori, beliau ini berasal dari Italia. sekilas tentang ibu maria montessori boleh dibaca disini yaa https://id.wikipedia.org/wiki/Maria_Montessori . semenjak itu mulailah saya menstimulasi anak anak dengan pendekatan montessori ini, tapi saya ngerasa ilmu saya masih sedikit banget tentang montessori dan saya sendiri belum pernah ikut pelatihan khusus tentang montessori. tapi inshallah saya akan share beberapa yang saya paham yaa. 

shavata cenderung tidak bisa tenang kalo pas ngerjain 1 task yang saya kasih, 1 tray juga susah tamatnya kalo yang kayaknya dia kurang senang sama aktifitas itu. kadang saya siapin tray tracing bisa langsung selesai tapi kalo pas moodnya lagi kurang enak yaa bisa ngak selesai juga  itu tray dia mainin, anaknya cenderung lebih suka main messy play dan aktifitas yang ada percobaan sciencenya. shavata bisa lebih anteng ketika main menggunakan media air, tepung, jadi kita sering bikin pengamatan main menggunakan oobleck, bahannya yaitu :
1. tepung maizena
2. air hanta
cara membuat oobleck ini cukup dicampur sampai tekstur yang kita inginkan, oobleck ini cocok untuk area sensory play, bisa juga untuk media story telling dengan animal figurine. 
Aktifitas dibawah adalah salah satu favorit shavazena, jadi disini kita belajar kenapa hujan bisa terjadi dengan simulasi medianya air dan shaving foam ayah..heheh sorry ayah we used your shaving cream for our material. 😘kalo udah main yang pakai air dijamin deh mereka berdua bakalan anteng dan betaah banget sambil celotehan pertanyaan mulai keluar dari mulut mulut kecil menggemaskan. sejauh ini shava setiap ditanya cita citanya selalu menjawab "aku mau jadi dokter bayi bu" maksudnya dokter kandungan kayaknya sihh padahal saya sendiri belum pernah bacain buku tentang profesi secara khusus tapi shava sepertinya mengamati ketika kami bawa ke rumah sakit ada dokter yang khusus menangani anak anak, ada yang khusus menangani ibu hamil dan lainnya. apapun cita citamu jadilah anak yang bahagia dan membawa menfaat untuk lingkunan dan sesama nanti ya nak, jadailah ornag yang membanggakan dan bahagia dengan pilihan hidupmu. tugas ibu dan ayah untuk mengantarkan kamu menggapai apa yang kamu mau.amin allahumma amin


#aktifitasshavazena
#kisahshavata

          Zena bulan mei 2018 besok usianya 4 tahun inshallah, saat ini zena sangaat aktif. tapi jujur deh saya sendiri masih agak kebingungan kalo tantrumnya sudah dateng, dia bisa ngambek sambil kokosedan di lantai. kokosedan means tiduran gogoleran di lantai, bahkan kalu lagi diluar rumah bisa lho ngambek dengan cara seperti itu. tapi diluar itu, zena cenderung anak yang melankolis, jadi pernah saya ngak enak badan dia ciumin saya terus sambil mijet mijetin badan saya, dan saying cepet sembuh ibuk. how lucky i am . Zena ini cenderung anak yang auditory, dia susah untuk tenang ketika ngerjain tugas atau kami sedang belajar berdua,jadi tray yang disiapin bisa aja dia cuekin atau ngak baru megang 1 aktivitas dia pindah lagi ke tray aktifitas lain. tapi semua ini proses juga saya untuk belajar menggali ada dimana sebenarnya bakat mereka. kalau kakak shavata masih suka menggambar dan mewarnai, juga bikin craft dari barang bekas. sepengamatan saya selama bermain dan belajar bareng zena, zena sepertinya masuk ke anak tipe kinestetik soalnya dia lebih seneng main sendiri dan pretend play. inshallah saya akan lebih menggali lagi potensi anak anak dengan berjalannya waktu semoga saya dan abby bisa selalu membersamai anak anak dengan maksimal karna apapun yang saat ini kami lakukan untuk anak anak akan dimintai pertanggungjawabannya nanti sama Allah yang maha kuasa. 
ps: foto ini waktu zena lagi seneng ngasih liat muka lion facenya ketika usianya kurang lebih 2.5 tahun.
alzena
#ceritazena
3. yang ketiga kita diminta untuk melihat sendiri potensi diri kita cari kekuatan yang ada pada diri sendiri kemudian tengok kepada suami dan anak bacalah kehendak Allah mengapa saya dihadirkan di tengah tengah keluarga seperti ini.
sebenarnya saya bukan tipe orang yang PeDe untuk menjabarkan apa potensi yang saya miliki, kadang jadi kaya orang yang ngak percaya diri dan cenderung minderan, padahal saya sendiri tau kalo saya punya potensi yang bagus hanya saja saya kurang bisa menunjukkan dan tenggelam dalam rutinitas yang saat ini mungkin bikin saya jenuh dan kurang bisa menggali lebih dalam. tapi mungkin tujuan dari NHW#3 ini adalah untuk memunculkan lagi rasa percaya diri dan Yakin terhadap kemampuan diri kita sendiri. 
          Dulu saat masih sekolah sampai jadi mahasiswa saya seneng olahraga, olahraga favorit saya main basket, rasanya lepas dan happy banget kalo udah ketemu bola basket, karna satu dan lain hal akhirnya begitu kerja dan menikah udah ngak pernah lagi main basket, kecuali main di funworld yaa masih bisa laah sambil ajak shavazena main. saya sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT di daerah BSD yaitu di telkomsigma, saya bekerja sebagai QA di bagian test ATM, 3 tahun saya bekerja sampai akhirnya ketika usia zena masuk 8 bulan saya memutuskan untuk resign, sebenarnya ini keputusan yang berat banget waktu itu, saya pikir saya kehilangan bukan matapencaharian, tapi seperti kehilangan rutinitas yang udah saya jalanin selama 3 tahun terakhir, tapi resign ini tanpa paksaan saya sendiri kok yang yakin bahwa saya harus resign karna saya mau handle sendiri full anak anak saya.
    
 Singkat cerita tahun kedua saya full menjadi #stayathomemom saya iseng baking baking kue, alhamdulillah usaha kue online saya berjalan lancar selama 2 tahun dari tahun 2015 sampai tahun 2016. ternyata ngak gampang dan ngak susah juga jalanin udaha yang ternyata kita seneng, tapi ya itu mungkin saya tipe orang yang kurang gigih dan bosenan ketika ngejalanin usaha karna ritmenya yang mulai hectic. jadi ternyata pas usaha kue itu saya handle semua sendiri dan ternyata time management saya berantakan, so this time saya mundur lagi dan hanya baking kue untuk kita konsumsi sendiri dan disana saya mulai lebih concern ke pendidikan anak anak. tapi saya punya impian inshallah tahun ini saya mau mulai lebih serius lagi di bidang baking ini supaya usaha kue online saya bisa berjalan lagi. 
oiya saya juga lagi belajar mendalami agama islam lebih baik, karna saya paham betul jadi ibu harus multitasking, ilmu baru apalagi ilmu agama harus saya paham betul supaya saya bisa mengarahkan anak anak saya ke jalan yang benar dan allah ridha kepada kehidupan keluarga kami. saya juga tipe orang yang gampang berbaur dengan orang baru, yaa walopun kadang suka malu malu kalo baru kenal aslinya kadang kadang malu maluin 😀

4. poin keempat adalah kita diminta untuk melihat lingkungan tempat tinggal, tantangan apa yang ada di lingkungan sekitar, dan kehendak allah apa menghadirkan kita di lingkungan ini?

      saat ini saya dan suami memutuskan untuk sementara kita tinggal di rumah suami saya, jadi 1 bulan lalu kami memutuskan untuk menumpang dulu di rumah mertua, sebelumnya kami mengontrak rumah di daerah dekat rumah mertua, pertimbangannya dulu adalah kami dekat menitipkan anak dan kami bisa gampang nengokin mertua yang kondisi bapak mertua sudah tidak begitu fit seperti dulu. pertimbangan untuk tinggal di rumah mertua ini sebenarnya agak berat, karna dari awal menikah saya dan suami sudah komit bagaimanapun kondisinya lebih baik kita misah dari orang tua, tapi sejauh ini alhamdulillah kami bisa saling mengerti kalo ya ini keputusan terbaik untuk sementara. nah lingkungan disini komplek yang cukup luas, dan lebih banyak orang tua karna mungkin komplek yang usianya udah lumayan jadul gitu, jadi semenjak pindah kesini saya jadi makin betah di dalam rumah dan menghabiskan waktu lebih maksimal untuk main sama anak anak, paling saya keluar rumah siang jam 11.00 untuk jemput shavata sekolah, kalau cuaca sedang bagus sorenya saya suka ajak anak anak jalan jalan keliling komplek. saya ikut di arisan RT dan alhamdulillah di RT tempat saya tinggal ini kegiatan ibu ibunya cukup produktif, ada bank sampah tapi saya sendiri belum ikut paling suka tanya tanya ke ibu mertua kali aja nanti bisa jadi pengurus.
     Nah gatau kenapa saya ni orangnya kadang malu malu tapi sebenernya saya ada kemauan buat tampil di depan umum. cuma kalo udah kebanyakan yang saya handle malah ngak fokus makanya itu kadang saya jadi nolak untuk jadi pengurus. tantangan tinggal disini adalah karna komplek ini adalah komplek yang cukup luas dan akses ke jalan raya yang sangat gampang, jadi kesannya kaya jalan umum, dan di depan rumah sering anak anak usia tanggung naik motor ngebut. pernah sekali saya negur malah diledekin,,,humhhh anak zaman now gitu banget ya??? nah kondisi kaya gini yang pingin saya rubah, mungkin nanti kalau saya ikut kepengurusan rt atau ada acara rt bisa ikut di kepanitiaan saya pingin sharing tentang dunia baking yang walaupun saya masih punya bekalnya sedikit tapi seneng aja gitu bisa sharing sama ibu ibu muda lainnya, inshallah kalau ada kemauan untuk produktif Allah akan selalu tunjukkan jalannya. jadi kalau boleh saya ambil kesimpulan mungkin Allah sedang menggariskan saya dan suami tinggal di rumah mertua sementara waktu ini adalah untuk memberi support kepada bapak mertua supaya kondisi fisiknya bisa sehat seperti semula lagi, dan ada sedikit kondisi keluarga suami saya yang kayaknya saya belum bisa cerita disini but someday i will . 
    Alhamdulillah panjang banget yaa curhatannya, semoga yang baca ngak bosen dan semoga yang saya bagikan ini bisa memberikan manfaat. inshallah saya masih akan belajar terus dan semoga blog ini nantinya lebih menarik buat dibaca 

SEE YOU 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nice Home Work#1 MIIP Batch 5 Adab menuntut ilmu

jumat 26 januari 2018 Alhamdulillah kuliah minggu pertama di program matrikulasi batch 5 ini sudah berjalan hari senin kemarin, jadi ternyata dalam 1 minggu ini sudah ada jadwal yang tersusun rapi dari tim pusat Institut ibu profesional lho, dimana tiap senin pagi akan ada materi yang di share oleh fasilitator tiap kelas, dan di kesempatan ini saya bergabung dengan kelas tangsel 3 yang di fasilitatori oleh mbak yulita ika pawestri, beliau adalah salah seorang peneiliti muda di BPPT dan seorang ibu juga dari 1 orang putra. di kelas matrikulasi ini mbak yulita tidak bertindak sebagai guru saja lho, dia juga menekankan bahwa kita semua di dalam kelas adalah guru dan murid, jadi yaa sebenrnya kita belajar dengan diri kita sendiri dan juga sharing dengan pengalaman ibu ibu muda lainnya.  nahhh di postingan saya kali ini sekaligus sebagai PeEr a.k.a NHW alias Nice Home Work, eitssss tunggu dulu PR yang dimaksud ini ngak sekedar pr seperti jaman kita sekolah dulu lhooo moms, itu dia kenap

Nice Home Work #5. belajar bagaimana caranya belajar

alhamdulillah sudah masuk NHW ke 5 ya,. ternyata kemarin itu allah kasih saya reminder untuk lebih menjaga pola makan, dikasih sakit selama 4 hari dan sebenernya hari ini perut masih agak perih tapi sudah jauh lebih baik dari kondisi kemarin dan hari ini saya bertekda nhw ini harus selesai. oke back to the point. jadi setelah minggu lalu kita di kelas belajar tentang BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR, yang pertama terlintas di otak gw adalah apakah selama ini cara belajar gw sudah bener? apakah selama ini apa yang gw pelajari sudah sesuai? ya jadi yang gw takutkan justru cara belajar gw ini belum sesuai dan akhirnya ilmu yang ingin  saya dapat tidak sampai ke saya sesuai ekspektasi dan tujuan hidup saya. dan di nhw ke 5 ini kita diminta untuk membuat design pembelajara. nahhh kan??? design?? ini yang dari dulu ngak pernah saya kerjakan si jujur, jadi alhamdulillah dengan nhw ini saya jadi belajar banyak banget supaya ke depan saya punya design belajar sendiri untuk diri saya. oke bis

Materi #4 mendidik dengan kekuatan fitrah

Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #4 _Disusun oleh tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional_ *MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH*  Bunda, setelah kita memamahi bahwa salah satu alasan kita melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah kita, maka semakin jelas di depan mata kita, ilmu-ilmu apa saja yang perlu kita kuasai seiring dengan misi hidup kita di muka bumi ini. Minimal sekarang anda akan memiliki prioritas ilmu-ilmu apa saja yang harus anda kuasai di tahap awal, dan segera jalankan, setelah itu tambah ilmu baru lagi. Bukan saya, sebagai teman belajar anda di IIP selama ini, maupun para ahli parenting lain yang akan menentukan tahapan ilmu yang harus anda kuasai, melainkan DIRI ANDA SENDIRI.  Apakah mudah? TIDAK. Tapi yakinlah bahwa kita bisa membuatnya menyenangkan. Jadilah diri anda sendiri, jangan hiraukan pendapat orang lain. Jangan silau terhadap kesuksesan orang lain. Mereka semua selalu berjalan dari KM 0, maka mulai tentukan KM 0 perj