Langsung ke konten utama

Nice Home Work #2 Indikator Profesinalisme Perempuan

22.40 wib
malem ini alhamdulillah agak mellow sambil nungguin suami yang belum pulang kerja sambil dengerin lagunya teh melly goeslaw ost film eiffel i'm in love 2. judulnya i do, yess i do love you untuk suami yang rela berkorban jiwa raga sampai tengah malem gini belum pulang.jazakillah khair yaa kangmas semoga semua kerja kerasnya jadi amal ibadah yang gusti Allah catet.
                  eitsss malahan curhat duluan gini di awal 😅 
yess balik ke judul utama postingan saya malem ini ya. ternyata minggu kedua kelas matrikulasi jadi kelas yang lumayan berat buat saya, qadarullah rabu dan kamis kemarin shavata demam karna terkena bakteri di pencernaannya, dan kamis sorenya waktunya zena untuk vaksin difteri, saya udah kePEDEan banget karna vaksin MR sebelumnya zena ngak rewel dan sehat sehat aja, ternyata di vaksin difteri ini agak berbeda qadarullah h+1 vaksin badannya demam dan keluar bintik bintik di badannya dan alhamdulillah di hari kedua demamnya mulai reda dan akhirnya sampai hari ini tinggal pilek pilek, minta doanya semoga #shavazena bisa pulih seperti sedia kala lagi yaaa. ya ternyata anak sakit barengan bikin saya ngak bisa ngerjain NHW ke 2 di kelas matrikulasi ini, inshallah ke depannya no more delay NHW yaa buk #fighting
oke, jadi di NHW ke dua ini temanya adalah MENJADI IBU PROFESIONAL KEBANGGAN KELUARGA. indikator sebagai ibu profesional setiap individu pasti beda beda donk. makanya itu di institut ibu profesional ini kita ada patokannya yang dijadiin acuan gimana si ibu profesional itu, acuannya adalah menggunakan metode SMART, yap SMART are :
  • Spesific (unik)
  • Measurable (Terukur)
  • Achievable (bisa diraih)
  • Realistic (sesuai dengan kehidupan sehari hari) 
  • Timebond (batas waktu)
setelah belajar dan diskusi tentang tahapan menjadi ibu profesional ini, sekarang kita belajar untuk membuat checklist indikator profesionalisme perempuan, indikatornya adalah dari sisi:
1. Individu
2. istri 
3. ibu
humhhh ini sebenarnya jadi kaya saya latihan untuk memperbaiki keseharian saya yang kayaknya selama ini doing the same thing over and over again tanpa ada target yang jelas dan terukur. yuk bismillah saya harus menguatkan tekad dan menjauhi malas dan mari kita buat CHECKLIST INDIKATOR  untuk tahapan menjadi Ibu Profesional. dan inget kalo indikator yang kita buat ini harus berdasarkan prinsip SMART, supaya lebih terarah. oiya di NHW kedua ini juga part yang agak susahnya yaitu kita harus diskusi sama suami, kenapa?? ya soalnya suami dan anak anak kan client utama kita, mereka yang ngerasain banget service kita gimana. dan yang bikin bingung adalah suami kalo ngak diceceer alias dipepet pertanyaan " yank kamu maunya aku gimana si?" jawabnya tadinya cuma nyengirr sampai akhirnya doi berani bilang " jangan cerewet" 😅yaah bismillah deh asal cerewetnya masih dijalan yang lurus yaa (cerewet macam apa mak??


INDIVIDU

No
To do list
Parameter
Timebond
Evaluasi
1
Bangun pagi maksimal 04.30
Setiap hari
3 bulan ( feb- april)


Shalat sunnah rawatib
Badiyah dan qabliyah minimal maghrib dan qabliyah subuh
3 bulan (feb – april)


Shalat wajib tepat waktu
Setiap hari
3 bulan ( feb- april)


Shalat sunnah dhuha
Seminggu minimal 2 kali senin dan kamis
3 bulan ( feb- april)


Kajian online
1 minggu sekali di channel youtube hari jumat
3 bulan ( feb- april)


Tamatin buku my salwa my palestine
1 hari 2 lembar
Maret 2018


Tilawah al quran
Minimal 1 hari sekali 2 halaman setelah shalat subuh
3 bulan ( feb- april)


Mandi pagi tepat waktu
Jam 06.00
3 bulan ( feb- april)


Perawatan tubuh dan wajah 1 minggu sekali
Hari jumat atau sabtu
3 bulan ( feb- april)


Baking di dapur untuk melanjutkan usaha kue online yang sudah lama vakum
1 minggu 1 kali hari rabu atau kamis
3 bulan ( feb- april)


Membaca artikel parenting sampai tuntas
2 kali seminggu
3 bulan ( feb- april)

ISTRI
1
Berhenti bersikap ketus sama suami walaupun sedang merasa capek
Setiap hari
3 bulan ( feb- april)

2
Bersihin muka suami sebelum tidur
Min 3 x seminggu
3 bulan ( feb- april)

3
Siapin bekal makan siang suami
min 3x seminggu
3 bulan ( feb- april)

4
Ngobrol sama suami
Setiap sebelum tidur min 3 x seminggu
3 bulan ( feb- april)

Ibu
1
Membacakan buku 1 judul sebelum tidur
Setiap hari jam 21.00 sebelum tidur
3 bulan ( feb- april)

2
Menyiapkan aktifitas montessori  untuk zena
Minimal 3 x seminggu (senin, rabu, jumat)
3 bulan (feb-april)

3
Tidak teriak saat anak anak melakukan kesalahan
Setiap hari
4 bulan (feb-mei)

4
Melihat wajah anak anak saat mereka bicara
Setiap hari
4 bulan (feb-mei)

5
Aktifitas montessori dengan shava
Seminggu min 3x (selasa, kamis, jumat)
4 bulan (feb-mei)



nah checklist di atas semoga ngak cuma jadi sekedar tulisan di blog yang hampir lumutan ini yaa nisaaa, ini harus jadi panduan dan salah satu jalan saya untuk memperbaiki pola hidup yang ngak bertarget sebelumnya, sebenernya ini masih dikit sih soalnya kalo dijabarin semua masih agak bingung dan jadinya malah terlalu luas dan ngak realistic, soalnya kan balik lagi di nhw 2 ini kita harus balik pakai prinsip smart supaya semuanya lebih terukur. well done semoga postingan ini bisa bermanfaat buat saya sendiri dan juga kali aja someday blog ini banyak yang baca dan bisa bawa manfaat. 

alhamdulillah hi rabbil alaamin




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nice Home Work#1 MIIP Batch 5 Adab menuntut ilmu

jumat 26 januari 2018 Alhamdulillah kuliah minggu pertama di program matrikulasi batch 5 ini sudah berjalan hari senin kemarin, jadi ternyata dalam 1 minggu ini sudah ada jadwal yang tersusun rapi dari tim pusat Institut ibu profesional lho, dimana tiap senin pagi akan ada materi yang di share oleh fasilitator tiap kelas, dan di kesempatan ini saya bergabung dengan kelas tangsel 3 yang di fasilitatori oleh mbak yulita ika pawestri, beliau adalah salah seorang peneiliti muda di BPPT dan seorang ibu juga dari 1 orang putra. di kelas matrikulasi ini mbak yulita tidak bertindak sebagai guru saja lho, dia juga menekankan bahwa kita semua di dalam kelas adalah guru dan murid, jadi yaa sebenrnya kita belajar dengan diri kita sendiri dan juga sharing dengan pengalaman ibu ibu muda lainnya.  nahhh di postingan saya kali ini sekaligus sebagai PeEr a.k.a NHW alias Nice Home Work, eitssss tunggu dulu PR yang dimaksud ini ngak sekedar pr seperti jaman kita sekolah dulu lhooo moms, itu dia kenap

Nice Home Work #5. belajar bagaimana caranya belajar

alhamdulillah sudah masuk NHW ke 5 ya,. ternyata kemarin itu allah kasih saya reminder untuk lebih menjaga pola makan, dikasih sakit selama 4 hari dan sebenernya hari ini perut masih agak perih tapi sudah jauh lebih baik dari kondisi kemarin dan hari ini saya bertekda nhw ini harus selesai. oke back to the point. jadi setelah minggu lalu kita di kelas belajar tentang BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR, yang pertama terlintas di otak gw adalah apakah selama ini cara belajar gw sudah bener? apakah selama ini apa yang gw pelajari sudah sesuai? ya jadi yang gw takutkan justru cara belajar gw ini belum sesuai dan akhirnya ilmu yang ingin  saya dapat tidak sampai ke saya sesuai ekspektasi dan tujuan hidup saya. dan di nhw ke 5 ini kita diminta untuk membuat design pembelajara. nahhh kan??? design?? ini yang dari dulu ngak pernah saya kerjakan si jujur, jadi alhamdulillah dengan nhw ini saya jadi belajar banyak banget supaya ke depan saya punya design belajar sendiri untuk diri saya. oke bis

donat kentang super empuk

assalammualaikum waa long time ngak ngisi blog akhirnya ada kesempatan untuk duduk dan menulis. hari ini insyallah saya mau share resep dan tips donat kentang super empuk yang jadi cemilan favorit di rumah. kenapa donat kentang?? saya pikir pembuatannya memang agak rumit karna ada dua proses proofing, tapi rumit ini terbayar dengan empuknya donat yang pastinya lebih sehat dan puas karna kita bikin sendiri ya. daripada kebanyakan opening yukk langsung yaa aku share resep donat kentang super empuk yang jadi favorit ini resep donat kentang ini aslinya aku pakai resep donat kentang NCC, ohiya fyi ncc itu adalah grup baking yang sangat besar di indonesia, anggotanya si setauku ada dari sabang sampai merauke. BAHAN : 200 gr kentang kukus (haluskan saat panas) 75 gr mentega /butter (suhu ruang) 100 gr gula pasir (kalau bisa pakai gula pasir dengan butiran halus) 400 gr tepung protein tinggi (saya mixed 200 gr cakra 200 gr komachi) 100 gr tepung protein rendah (segitiga biru) 4 b