Langsung ke konten utama

donat kentang super empuk

assalammualaikum

waa long time ngak ngisi blog akhirnya ada kesempatan untuk duduk dan menulis.
hari ini insyallah saya mau share resep dan tips donat kentang super empuk yang jadi cemilan favorit di rumah. kenapa donat kentang?? saya pikir pembuatannya memang agak rumit karna ada dua proses proofing, tapi rumit ini terbayar dengan empuknya donat yang pastinya lebih sehat dan puas karna kita bikin sendiri ya.
daripada kebanyakan opening yukk langsung yaa aku share resep donat kentang super empuk yang jadi favorit ini

resep donat kentang ini aslinya aku pakai resep donat kentang NCC, ohiya fyi ncc itu adalah grup baking yang sangat besar di indonesia, anggotanya si setauku ada dari sabang sampai merauke.

BAHAN :
200 gr kentang kukus (haluskan saat panas)
75 gr mentega /butter (suhu ruang)
100 gr gula pasir (kalau bisa pakai gula pasir dengan butiran halus)
400 gr tepung protein tinggi (saya mixed 200 gr cakra 200 gr komachi)
100 gr tepung protein rendah (segitiga biru)
4 butir kuning telur (suhu ruang)
120 ml susu uht dingin (kalo ngak ada susu boleh diganti air tapi ada beda di rasa ya pastinya)
susu bubuk putih 1 bungkus
2 sdm ragi instan


HOW TO:
1. campur tepung, kentang, ragi, gula pasir, susu bubuk. aduk sampai rata
*raginya aktifkan dulu dengan gula pasir dan susu hangat
2. kemudian masukkan kuning telu, dan susu dingin aduk sampai setengah kalis.
3. terakhir masukkan butter aduk sampai kalis elastis.
4. setelah adonan kalis bulatkan di bowl tutup dengan kain basah atau plastik wrap selama 20 menit sampai adonan mengembang 2 kali lipat. kempiskan adonan setelah mengembang lalu timbang masing masing 50 gr , bulatkan kembali sampai mengembang 2 kali lipat.
5. cetak dan bulatkan bagian tengahnya, saya bolongin tengahnya menggunakan mulut botol.
6 terkhir panaskan api dengan api sedang, goreng dengan sekali balik supaya white ring muncul
*api jangan terlalu panas karna bisa bisa bagian dalamnya belum matang
*kalau terlalu kecil bisa menyerap minyak terlalu banyak
*cukup dibalik sekali saja agar tidak terlalu banyak menyerap minyak dan white ring di tengah bisa muncul

berikut penampakan si donat yaaa
nah ini kalo di pencet gitu dia balik mumbul lagi ke ukuran sempurna, setelah disimpan dua hari di tutup menggunakan toples masih empuk banget

dihias menggunakan topping juga ngak kalah malah tambah menarik perhatian anak anak, aman deh stok buat bekel sekolah

selamat mencoba yaa mommies

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nice Home Work#1 MIIP Batch 5 Adab menuntut ilmu

jumat 26 januari 2018 Alhamdulillah kuliah minggu pertama di program matrikulasi batch 5 ini sudah berjalan hari senin kemarin, jadi ternyata dalam 1 minggu ini sudah ada jadwal yang tersusun rapi dari tim pusat Institut ibu profesional lho, dimana tiap senin pagi akan ada materi yang di share oleh fasilitator tiap kelas, dan di kesempatan ini saya bergabung dengan kelas tangsel 3 yang di fasilitatori oleh mbak yulita ika pawestri, beliau adalah salah seorang peneiliti muda di BPPT dan seorang ibu juga dari 1 orang putra. di kelas matrikulasi ini mbak yulita tidak bertindak sebagai guru saja lho, dia juga menekankan bahwa kita semua di dalam kelas adalah guru dan murid, jadi yaa sebenrnya kita belajar dengan diri kita sendiri dan juga sharing dengan pengalaman ibu ibu muda lainnya.  nahhh di postingan saya kali ini sekaligus sebagai PeEr a.k.a NHW alias Nice Home Work, eitssss tunggu dulu PR yang dimaksud ini ngak sekedar pr seperti jaman kita sekolah dulu lhooo moms, itu dia kenap

Nice Home Work #5. belajar bagaimana caranya belajar

alhamdulillah sudah masuk NHW ke 5 ya,. ternyata kemarin itu allah kasih saya reminder untuk lebih menjaga pola makan, dikasih sakit selama 4 hari dan sebenernya hari ini perut masih agak perih tapi sudah jauh lebih baik dari kondisi kemarin dan hari ini saya bertekda nhw ini harus selesai. oke back to the point. jadi setelah minggu lalu kita di kelas belajar tentang BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR, yang pertama terlintas di otak gw adalah apakah selama ini cara belajar gw sudah bener? apakah selama ini apa yang gw pelajari sudah sesuai? ya jadi yang gw takutkan justru cara belajar gw ini belum sesuai dan akhirnya ilmu yang ingin  saya dapat tidak sampai ke saya sesuai ekspektasi dan tujuan hidup saya. dan di nhw ke 5 ini kita diminta untuk membuat design pembelajara. nahhh kan??? design?? ini yang dari dulu ngak pernah saya kerjakan si jujur, jadi alhamdulillah dengan nhw ini saya jadi belajar banyak banget supaya ke depan saya punya design belajar sendiri untuk diri saya. oke bis

Materi #4 mendidik dengan kekuatan fitrah

Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #4 _Disusun oleh tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional_ *MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH*  Bunda, setelah kita memamahi bahwa salah satu alasan kita melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah kita, maka semakin jelas di depan mata kita, ilmu-ilmu apa saja yang perlu kita kuasai seiring dengan misi hidup kita di muka bumi ini. Minimal sekarang anda akan memiliki prioritas ilmu-ilmu apa saja yang harus anda kuasai di tahap awal, dan segera jalankan, setelah itu tambah ilmu baru lagi. Bukan saya, sebagai teman belajar anda di IIP selama ini, maupun para ahli parenting lain yang akan menentukan tahapan ilmu yang harus anda kuasai, melainkan DIRI ANDA SENDIRI.  Apakah mudah? TIDAK. Tapi yakinlah bahwa kita bisa membuatnya menyenangkan. Jadilah diri anda sendiri, jangan hiraukan pendapat orang lain. Jangan silau terhadap kesuksesan orang lain. Mereka semua selalu berjalan dari KM 0, maka mulai tentukan KM 0 perj