Langsung ke konten utama

cinnamon roll

assalammualaikum, haiii selamat sore pecinta ngemil ini adalah postingan tulisan saya yang pertama..masyallah lama banget gag posting dari semenjak blog ini dibuat hihihi kalo bersih bersih rumah mungkin butuh waktu 2 hari yaaa buat bersihin sarang laba laba dan debu debunya...

cinnamon roll, ya cinnamon roll adalah salah satu jenis olahan roti yang diberi filling bubuk kayu manis, kebetulan cinnamon roll ini favorit banget dirumah, apalagi kalo pas mateng masih anget anget wuhuuuuuu eerrrr pingin comot terus rasanya. nah postingan pertama aku ini di mulai dengan yang manis manis aja yaaa supaya hari hari kita selalu manis dan bahagia..ahheeyy berikut yaa resepnya saya share...
resep asli cinnamon roll saya menggunakan resep roti empuk NCC-nya ibu fatmah bahalwan ya, berhubung saya sendiri belum punya mikser khusus roti, it doesnt matter, itung itung olahraga get start with my own hands.



Roti Empuk (Resep Dasar Roti)

By : Fatmah Bahalwan
rebaked by annisa rakhmi (ninissappi brownie)

bahan :

500 gr    tepung terigu protein tinggi
100 gr    gula pasir
25 gr   susu bubuk ( kemari
4 btr    kuning telur
11 gr   ragi instan
3 gr     bread improver
130 ml    susu cair
100 ml    air es
100 gr    mentega/margarin
1 sdt   garam
Bahan olesan:
Kocok rata: 3 btr telur, ½ sdt garam dan 2 sdm susu.

Cara membuatnya:

  1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
  2. Masukkan susu, air dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
  3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Istirahatkan adonan 15 menit. Adonan siap dibentuk.
  4. Potong dan timbang adonan @ 50 gr, bulatkan sempurna. Istirahatkan 15 menit lagi, lalu dibentuk dan diberi isi. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. Oles permukaannya dengan bahan olesan.
  5. Panggang dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Angkat. Panas-panas langsung olesi permukaannya dengan mentega.
*berhubung kemarin gag ada stok susu bubuk jadi saya skip dan bread improver juga
tapi walaupun dua bahan di atas saya skip roti tetap empuk sampai 2 hari, buat sarapa ringan lumayan mengenyangkan lhooo

filling :
bubuk kayu manis 2 sdm
palm sugar 1 sdm
gula pasir 2 sdm

aplikasi filling :
campur semua bahan filling menjadi satu, gula pasir juga optional jika ingin roti lebih manis. 
gilas adonan roti melebar rata, taburkan bahan isian secara merata menggunakan saringan. bagian pinggir olesi dengan mentega supaya saat digulung nanti rotinya nempel.
setelah diberi isian gulung lagi adonan roti, kemudian iris sekitar 7 cm, 1 adonan ini kemarin jadi 18 gulung cinnamon roll.

topping :

nah untuk topping ini juga tergantung selera yaa, kalo saya memanfaatkan yang ada aja di kulkas, ada sisa creamcheese , mascarpone cheese dan whipping cream cair, semua di mikser sampai lembut dan beri gula pasir supaya manis,.
finishing siram topping di atas cinnamon roll.

matang 

enjoy, happy baking selamat mencoba 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nice Home Work#1 MIIP Batch 5 Adab menuntut ilmu

jumat 26 januari 2018 Alhamdulillah kuliah minggu pertama di program matrikulasi batch 5 ini sudah berjalan hari senin kemarin, jadi ternyata dalam 1 minggu ini sudah ada jadwal yang tersusun rapi dari tim pusat Institut ibu profesional lho, dimana tiap senin pagi akan ada materi yang di share oleh fasilitator tiap kelas, dan di kesempatan ini saya bergabung dengan kelas tangsel 3 yang di fasilitatori oleh mbak yulita ika pawestri, beliau adalah salah seorang peneiliti muda di BPPT dan seorang ibu juga dari 1 orang putra. di kelas matrikulasi ini mbak yulita tidak bertindak sebagai guru saja lho, dia juga menekankan bahwa kita semua di dalam kelas adalah guru dan murid, jadi yaa sebenrnya kita belajar dengan diri kita sendiri dan juga sharing dengan pengalaman ibu ibu muda lainnya.  nahhh di postingan saya kali ini sekaligus sebagai PeEr a.k.a NHW alias Nice Home Work, eitssss tunggu dulu PR yang dimaksud ini ngak sekedar pr seperti jaman kita sekolah dulu lhooo moms, itu dia kenap

Nice Home Work #5. belajar bagaimana caranya belajar

alhamdulillah sudah masuk NHW ke 5 ya,. ternyata kemarin itu allah kasih saya reminder untuk lebih menjaga pola makan, dikasih sakit selama 4 hari dan sebenernya hari ini perut masih agak perih tapi sudah jauh lebih baik dari kondisi kemarin dan hari ini saya bertekda nhw ini harus selesai. oke back to the point. jadi setelah minggu lalu kita di kelas belajar tentang BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR, yang pertama terlintas di otak gw adalah apakah selama ini cara belajar gw sudah bener? apakah selama ini apa yang gw pelajari sudah sesuai? ya jadi yang gw takutkan justru cara belajar gw ini belum sesuai dan akhirnya ilmu yang ingin  saya dapat tidak sampai ke saya sesuai ekspektasi dan tujuan hidup saya. dan di nhw ke 5 ini kita diminta untuk membuat design pembelajara. nahhh kan??? design?? ini yang dari dulu ngak pernah saya kerjakan si jujur, jadi alhamdulillah dengan nhw ini saya jadi belajar banyak banget supaya ke depan saya punya design belajar sendiri untuk diri saya. oke bis

donat kentang super empuk

assalammualaikum waa long time ngak ngisi blog akhirnya ada kesempatan untuk duduk dan menulis. hari ini insyallah saya mau share resep dan tips donat kentang super empuk yang jadi cemilan favorit di rumah. kenapa donat kentang?? saya pikir pembuatannya memang agak rumit karna ada dua proses proofing, tapi rumit ini terbayar dengan empuknya donat yang pastinya lebih sehat dan puas karna kita bikin sendiri ya. daripada kebanyakan opening yukk langsung yaa aku share resep donat kentang super empuk yang jadi favorit ini resep donat kentang ini aslinya aku pakai resep donat kentang NCC, ohiya fyi ncc itu adalah grup baking yang sangat besar di indonesia, anggotanya si setauku ada dari sabang sampai merauke. BAHAN : 200 gr kentang kukus (haluskan saat panas) 75 gr mentega /butter (suhu ruang) 100 gr gula pasir (kalau bisa pakai gula pasir dengan butiran halus) 400 gr tepung protein tinggi (saya mixed 200 gr cakra 200 gr komachi) 100 gr tepung protein rendah (segitiga biru) 4 b